Pesan Berantai Grup WhatsApp Antigen dan Vitamin Gratis di RSHD ‘Hoaks’

Infonegeri, KOTA BENGKULU – Beredar info tidak benar secara berantai digrup whatsapp tentang fasilitas isolasi mandiri (isoman) di gedung Bapelkes Jalan Cimanuk, tes antigen gratis, obat gratis dan vitamin gratis di RSHD Kota Bengkulu.

Terkait infomasi tersebut yang belum jelas sumber utama yang menyebarkannya langsung ditanggapi pihak Rumah Sakit melalui Direktur RSHD Kota Bengkulu dr.Lista Cerlyviera. Ia menyebutkan bahwa ada informasi tidak benar atau hoaks.

Terutama info yang menyebutkan masyarakat bisa melakukan tes gratis, mendapatkan obat gratis dan vitamin gratis di RSHD. Lista pun meluruskan informasi tersebut melalui keterangan yang disampaikannya secara langsung saat dikonfirmasi.

“Mungkin memang ada pernyataan yang benar dari informasi itu, tapi ada yang nggak benar atau tidak pas dalam pernyataan tersebut. Seperti info yang menyebutkan dari pemkot menyediakan tes dan obat vitamin gratis di RSHD Kota dengan cukup membawa KTP, tapi isurat edaran seperti ini tidak ada,” jelas Lista, Rabu (04/08/2021).

Sebab kata Lista semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dalam memutuskan mata rantai Covid-19. Semua pelayanan bisa didapatkan dimanapun atau di semua tempat/fasilitas kesehatan, tidak hanya di RSHD saja.

“Apa fungsi puskesmas kalau begini. Yang jelas dalam penanganan pandemi Covid-19 ini semua harus ikut berpartisipasi. Semua layanan kesehatan berperan aktif. Mana kasus yang harus ke Puskesmas mana kasus yang harus ke rumah sakit.” ungkapnya.

“Seperti kasus tanpa gejala dan gejala ringan dapat diobati di puskesmas, klinik dan praktek dokter mandiri. Gejala sedang sampai berat itu baru ranah rumah sakit terutama yang sudah ada gangguan pernapasan dan dengan penyakit comorbid,” lanjut Lista. [SA/Rls]