Selamatkan Gajah Seblat, Gubernur Bengkulu Surati KLHK dan Kementerian ESDM

Infonegeri, BENGKULU – Menyikapi Taman Wisata Alam (TWA) Seblat, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah telah berkirim surat ke KLHK dan Kementerian ESDM agar izin tambang tak diperpanjang untuk kelestarian Habitat Gajah.

Hal tersebut dikatakan Rohidin Mersyah, bahwa sekitar 4 bulan yang lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah bersurat secara resmi ke KLHK serta Kementerian ESDM perihal izin yang pernah dikeluarkan.

Lanjut Rohidin perihal izin tersebut yang pernah dikeluarkan beberapa puluh tahun lalu agar tidak dilanjutkan atau bisa dihapus untuk menjamin kelestarian habitat gajah serta daerah aliran sungai TWA Seblat.

“Sangat pantas untuk kita jaga, kita lestarikan seperti apa yang menjadi usul masyarakat. Bagaimana habitat di kawasan ini dapat terpelihara sehingga populasi gajah dapat terjaga dan berkembang biak dengan baik,” Ungkap Rohidin.

Selain itu menurutnya, ketika kawasan ini menjadi areal perkebunan apalagi tambang akan sangat menggangu dan menurunkan kualitas Badan sungai Air Seblat.

“Saya sangat sepakat diusulkan jangan lagi dilanjutkan untuk proses perizinan tambangnya,” tegas Rohidin.

Dilansir sebelumnya hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat di Desa Sukabaru Kecamatan Marga Sakti Bengkulu Utara, pada Rabu (17/11/2021). [Soprian]