2024: Pemprov Bengkulu Anggarkan Dana Hibah Rumah Ibadah Rp 7 Miliar

Kepala Biro Pemkesra Provinsi Bengkulu, Syarifuddin.
Caption foto: Kepala Biro Pemkesra Provinsi Bengkulu, Syarifuddin. (Foto/dok: Soprian)

Infonegeri, BENGKULU – Kepala Biro Pemkesra Provinsi Bengkulu, Syarifuddin, mengatakan bahwa pada tahun 2024 ini, proyeksi anggaran dana hibah keagamaan untuk bantuan rumah ibadah mengalami penurunan drastis menjadi hanya sekitar Rp 7 miliar. Hal ini merupakan penurunan signifikan dari anggaran pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 26 miliar.

“Tahun lalu ada sebesar Rp 26 miliar yang diamanahkan dalam Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) kita. Dari evaluasi yang dilakukan, alhamdulillah yang terealisasi mencapai angka 98,4 persen. Kurang lebih ada 1,6 persen yang tidak terserap,” ungkap Syarifuddin, Minggu (11/02/2024).

Penurunan drastis ini disebabkan oleh fokus anggaran dalam APBD tahun ini yang lebih diarahkan untuk hibah pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 yang mencapai angka ratusan miliar.

Meski begitu, Syarif menambahkan bahwa pada momen Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi mendatang, akan dilakukan penyaluran dana hibah keagamaan kepada beberapa masjid di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan segera disalurkan ke penerima melalui Aplikasi Sistem Informasi Laporan Hibah (Siplah) yang dikembangkan melalui bank Bengkulu.

Editor | Bima Setia Budi