3 Camat Minta Bawaslu Pilih Calon Panwascam Sesuai Domisili

Caption foto: Seleksi rekrutmen untuk calon anggota Pengawas Kecamatan atau Paswascam (Foto/dok: Soprian Ardianto)
Caption foto: Seleksi rekrutmen untuk calon anggota Pengawas Kecamatan atau Paswascam (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU TENGAH – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Tengah (Benteng), membuka kegiatan seleksi rekrutmen untuk calon anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk tiga kecamatan yaitu Kecamatan Karang Tinggi, Talang Empat dan Semidang Lagan, Selasa (14/05/2024).

Tiga Camat dari kecamatan tersebut meminta Bawaslu Benteng, agar lebih selektif dalam menjaring dan tentunya dapat mengutamakan calon panwascam sesuai dengan domisili kecamatannya yang dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Seperti yang disampaikan Camat Karang Tinggi, Deby Septika S.STP., M.Si, berharap agar Bawaslu Benteng dalam menyeleksi calon panwascam dapat dilakukan secara transparan dan mengutamakan masyarakat yang berdomisili sesuai dengan E-KTP dari masing-masing kecamatan.

“Pilihan yang harus didahulukan adalah warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Karang Tinggi, bukan warga kecamatan lainnya. Mengingat sebagai pengawas harus mengetahui wilayah tersebut. Sangat disayangkan jika meluluskan warga luar karena tidak mengetahui wilayah Kecamatan Karang Tinggi,’’ ungkap Deby.

Sementara itu, Plt Camat Talang Empat, Tri Yanto, S.IP., M.Si menyampaikan agar Bawaslu dalam menyeleksi calon panwascam agar dapat lebih kooperatif dan harus memperhatikan asal calon berdasarkan pada domisili di kecamatan dan sesuai dengan KTP.

‘’Agar panwascam yang dipilih mengetahui potensi kerawanan pelanggaran di kecamatannya. Jika memilih orang di luar kecamatan tersebut, dapat merugikan kesempatan masyarakat yang ada di Kecamatan Talang Empat. Saya harap bawaslu dapat mempertimbangkan dengan meluluskan orang-orang berdomisili di masing-masing kecamatan,’’ ujar Tri.

Terpisah, Camat Semidang Lagan, Depi Junaidi, S.IP, M.H juga menyatakan hal senada untuk meminta Bawaslu agar dapat menetapkan calon panwascam berdasarkan pada hasil seleksi, kemampuan, serta integritas. Bukan pada kedekatan atau hubungan kekerabatan terhadap anggota Bawaslu. Karena ia percaya masyarakat Kecamatan Semidang Lagan memiliki kemampuan yang kompetitif.

‘’Dan saya tekankan kuota Kecamatan Semidang Lagan hanya untuk putra daerah asli Kecamatan Semidang Lagan bukan dari luar kecamatan apalagi titipan,’’ terang Depi.

Pewarta | Soprian Ardianto