Balai Benih Ikan Kaur Berfungsi

Kolam pembenihan BBI Nasal
Caption foto: Kolam pembenihan BBI Nasal (Foto/dok)

Infonegeri, KAUR – Keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan Kaur di Kecamatan Nasal diharapkan dapat berfungsi secara maksimal sebagai penyedia benih ikan unggul dan bermutu untuk masyarakat Kabupaten Kaur. Dengan harapan usaha budidaya perikanan di Kaur dapat berkembang pesat dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pembudidaya ikan di Kaur.

Dijelaskan Kadis Perikanan Kaur Misralman sabtu, (20/1/2024) akibat material longsor yang sudah bertahun tahun menutupi beberapa titik saluran irigasi yang mengaliri BBI sejak 2019 yang lalu, hingga saat ini BBI Nasal belum berfungsi secara maksimal.

Namun secara bertahap, setiap tahunnya dinas Perikanan Kaur terus berusaha memaksimalkan pengolahan produksi benih ikan untuk kebutuhan masyarakat Kaur. Hal ini terbukti dengan PAD yang dihasilkan BBI Nasal terus meningkat setiap tahunnya.

Dimana pasca terjadinya bencana longsor yang menutupi saluran irigasi yang mengaliri BBI terjadi penurunan PAD hingga hanya mampu menyumbang 1 juta pada tahun 2019, namun saat ini terus meningkat hingga mencapai 20 juta rupiah pertahun PAD yang dihasilkan BBI Nasal.

Misralman menjelaskan pada awal tahun 2024 ini pihak BBI Nasal mulai melakukan pemijahan benih ikan untuk kebutuhan masyarakat di Kaur. saat ini ada 2 jenis komuiniti ikan yang sedang dalam pemijahan yakni ikan Nila dan ikan mas. Sementara untuk benih ikan yang disediakan BBI nasal saat ini ada 4 komuniti yakni ikan nila, ikan mas, ikan palau atau nilem dan ikan lele.

“Saat ini kita menyediakan 4 kumuniti ikan, yakni ikan nila, ikan mas, ikan palau atau nilem dan ikan lele. Untuk awal tahun ini kita baru melakukan pemijahan ikan nila dan ikan mas”, kata Misralman,

Sementara itu untuk diketahui, Balai Benih Ikan (BBI) milik Dinas Pertanian Kaur yang terletak di desa Suku Tiga-kecamatan Nasal memiliki luas lebih kurang 4 (empat) ha, yang memiliki lokasi strategis yakni terletak di daerah saluran irigasi primer Sungai Nasal yang airnya mengalir sepanjang tahun sehingga sangat mendukung proses produksi pembenihan dan pembesaran ikan.

Saat ini BBI Nasal tersebut terus memaksimalkan pengelolaan, penelitian dan pengembangan, dalam memproduksi benih dan calon induk ikan yang baik dengan harapan dapat menjaga kestabilan kebutuhan benih ikan di wilayah Kabupaten Kaur.

Editor | Bima Setia Budi