Bandara Internasional Batam Teken Risalah Kesepakatan dengan Lion Group

Caption foto: Penandatanganan Minute Of Agreement Menandai Kerjasama Besar Antara Bandara Internasional Batam Dan Lion Group untuk Meningkatkan Konektivitas Udara Di Indonesia Serta Memberikan Kemudahan Aksesibilitas Bagi Masyarakat, Pebisnis Dan Wisatawan (Foto/dok: Lion Group)
Caption foto: Penandatanganan Minute Of Agreement Menandai Kerjasama Besar Antara Bandara Internasional Batam Dan Lion Group untuk Meningkatkan Konektivitas Udara Di Indonesia Serta Memberikan Kemudahan Aksesibilitas Bagi Masyarakat, Pebisnis Dan Wisatawan (Foto/dok: Lion Group)

Infonegeri, BATAM – Bandara Internasional Batam (BIB) dan Lion Group mengumumkan pencapaian penting dengan penandatanganan Minute of Agreement. Acara ini ditandatangani oleh Presiden Direktur Lion Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, dan Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Kurniansyah.

Penandatanganan ini menandai langkah besar dalam upaya meningkatkan kemudahan perjalanan udara internasional dan domestik, melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam. Terdapat beberapa poin penting yang akan memperkuat konektivitas dan aksesibilitas di kawasan ini serta mendatangkan wisatawan asing mancanegara ke Indonesia melalui Batam.

Kerjasama ini membuka peluang pengembangan rute internasional lebih luas, termasuk namun tidak terbatas pada rute Incheon – Batam, Tiongkok – Batam, Taiwan – Batam, Jepang – Batam dan Batam – Bali. Hal tersebut akan memberikan manfaat signifikan bagi para pelancong internasional yang mencari akses baru ke Indonesia melalui Batam.

Komitmen bersama, kata Danang sebagai upaya untuk menjadikan Bandara Batam sebagai penghubung regional yang saling menguntungkan bagi semua pihak, karena merupakan salah satu aspek kunci dari kerjasama ini. Dengan cara ini, Bandara Batam akan menjadi pusat penting dalam jaringan perjalanan udara internasional Lion Group di Indonesia, khususnya pada pasar Asia Timur dan Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi mengungkapkan, “Lion Group sangat bersemangat dengan kerjasama ini dan yakin bahwa ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, pebisnis dan wisatawan. Lion Group berharap dapat memberikan nilai tambah kepada seluruh masyarakat yang terlibat.” katanya dalam keterangan tertulis diterima media ini, di Jakarta pada Kamis (19/10/2023).

Pikri Ilham Kurniansyah, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, menambahkan, “Kami percaya kerjasama ini akan membawa Batam ke tingkat yang lebih tinggi dalam perjalanan udara internasional. Kemitraan ini adalah langkah maju yang akan membantu pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di kawasan ini.”

Kerjasama dimaksud menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan perjalanan udara di Indonesia dan memajukan Bandara Internasional Batam sebagai pintu gerbang penting ke negara ini. Optimis, perkembangan sektor penerbangan yang signifikan akan membantu memajukan konektivitas udara dan membuka peluang baru bagi pengembangan wisata dan ekonomi di Batam.

Pengembangan rute penerbangan domestik dan internasional memiliki berbagai keuntungan bagi masyarakat, pebisnis, wisatawan, serta angkutan kargo.

Masyarakat:

  • Peningkatan Ekonomi Lokal: Kedatangan lebih banyak wisatawan asing dan bisnis yang berkembang, akan ada peningkatan aktivitas ekonomi di kawasan tersebut. Hal ini menciptakan peluang pekerjaan, memperkuat industri pariwisata, dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.
  • Aksesibilitas dan Kemudahan Perjalanan: Rute penerbangan yang lebih luas, masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan perjalanan, sehingga masyarakat dapat menikmati lebih banyak pilihan perjalanan.

Pebisnis:

  • Peluang Ekspansi Bisnis: Rute baru ini memperluas jaringan pelaku usaha. Mereka dapat menjalin kemitraan dan mengembangkan bisnis mereka di kedua kawasan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan omset dan pertumbuhan bisnis.
  • Transportasi Kargo yang Efisien: Koneksi yang lebih baik dari dan ke Batam akan membantu perusahaan pengangkutan kargo dalam menjalankan operasinya. Keuntungannya, meningkatkan efisiensi logistik dan mengurangi biaya pengiriman.

Wisatawan:

  • Pilihan Destinasi yang Luas: Rute penerbangan yang lebih banyak, wisatawan memiliki opsi destinasi wisata. Mereka dapat menjelajahi keindahan alam dan budaya di beebagai kota di Indonesia melalui jaringan Lion Group
  • Kemudahan Perjalanan Internasional: Memudahkan wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia melalui Bandara Batam, yang kemudian dapat menjadi pintu gerbang ke destinasi lain di Indonesia, seperti Bali.

Angkutan Kargo:

  • Efisiensi Logistik: Rute baru ini memberikan opsi logistik yang lebih baik bagi angkutan kargo. Perusahaan pengiriman dan logistik dapat mengurangi waktu pengiriman dan biaya transportasi, meningkatkan efisiensi operasional.
  • Peningkatan Volume Kargo: Konektivitas yang lebih baik antara Incheon, Batam, dan Bali serta kota-kota lainnya akan ada peningkatan volume kargo yang dapat diangkut.

Keseluruhannya, pengembangan rute dari Incheon serta negara-negara lain ke Batam dan Batam ke Bali memberikan manfaat yang signifikan bagi berbagai pihak, dari masyarakat lokal yang mendapatkan peluang pekerjaan hingga pebisnis yang dapat memperluas jaringan dan wisatawan yang mendapatkan akses lebih mudah.

Dengan adanya konektivitas yang lebih baik, ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Batam berperan sebagai hub penghubung yang memungkinkan penumpang untuk dengan mudah berganti pesawat dan mengakses berbagai destinasi di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Pewarta | Soprian Ardianto 
Editor | Bima Setia Budi