Bea Cukai Bengkulu Dorong UMKM Gula Aren Tembus Pasar Internasional

Caption foto: Jenis Gula Merah Aren Curup Rejang Lebong (Foto/dok)
Caption foto: Jenis Gula Merah Aren Curup Rejang Lebong (Foto/dok)

Infonegeri, REJANG LEBONG – Bea Cukai Provinsi Bengkulu melakukan asistensi serta edukasi terkait ekspor kepada UMKM Sari Aren Rejang Lebong, unjungan ke pelaku UMKM untuk berdiskusi dan memberikan edukasi kegiatan ekspor.

Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Bengkulu Koen Rachmanto, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Agus Praminto, serta tim Klinik Ekspor, mengatakan “Asistensi ini upaya kami mendorong UMKM berorientasi ekspor,” kata Koen, Minggu (1/10/23).

Dijelaskannya, produk gula murni dari bahan dasar Nira Aren dari Kabupaten Rejang Lebong. Sari Aren telah melakukan pengolahan nira aren secara higienis serta diseleksi menjadi produk olahan Gula Semut “Sari Aren” yang berkualitas premium.

Lebih lanjut, Koen mengatakan, semangat untuk menembus pasar internasional merupakan impian dari pemilik UMKM Sari Aren Rejang Lebong, Bengkulu. Oleh karena itu, Bea Cukai Bengkulu terus memberikan edukasi dalam hal ekspor.

“Dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta dapat mendorong pelaku usaha di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu untuk memasarkan produknya di pasar internasional,” harap Koen Rachmanto.

Pewarta | Tona Rhamadani
Editor | Bima Setia Budi