BPN dan Pemkab Rejang Lebong Launching Kampung Reforma Agraria

Caption foto: BPN dan Bupati Rejang Lebong launching Kampung Reforma Agraria (Foto/dok)
Caption foto: BPN dan Bupati Rejang Lebong launching Kampung Reforma Agraria (Foto/dok)

Infonegeri, REJANG LEBONG – Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) Provinsi Bengkulu, bersama Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi melaunching Kampung Reforma Agraria, Kamis (14/12/2023).

Kakanwil BPN, Indera Imanuddin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian penutup dalam penyelenggaraan Kegiatan Gerakan Tanah dan Reforma Agraria (GTRA) Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Rejang Lebong dalam skala kecil.

“Grand Launching Kampung Reforma Agraria menandai keberhasilan pelaksanaan reforma agraria dengan pelaksanaan Penataan Aset dan Penataan Akses, dalam pelaksanaan program Desa Purwodadi menjadi contoh kesuksesannya,” ujar Indera.

Indera menjelaskan bahwa dalam hal penataan aset, telah diterbitkan sertipikat tanah untuk masyarakat Desa Purwodadi melalui beberapa skema kegiatan sertifikasi massal, mencakup 344 persil. Rinciannya melibatkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 194 persil dan Konsolidasi Tanah (KT) sebanyak 150 persil.

“Kegiatan Reforma Agraria diharapkan menjadikan sertipikat sebagai aset yang tidak hanya menjadi spekulasi atau modal semata, tetapi juga dapat menjadi dampak produktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” demikian kata Kepala BPN.

Editor | Bima Setia Budi