Bupati Seluma dan Wakilnya Hadiri Hari Raya Nyepi

Caption foto; Bupati Seluma Erwin Octavian, saat arak-arakan Ogoh-Ogoh Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 (Foto/dok: MC)
Caption foto; Bupati Seluma Erwin Octavian, saat arak-arakan Ogoh-Ogoh Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 (Foto/dok: MC)

Infonegeri, SELUMA – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE dan Wakilnya Drs. Gustianto hadiri arak-arakan Ogoh-Ogoh menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, di Dusun Puspa Anom Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, Selasa (21/3/2022).

Ogoh-ogoh adalah karya seni patung yang diarak keliling saat menjelang Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Ogoh-ogoh melambangkan sebuah tokoh Hindu bernama Bhuta Kala yang diarak keliling desa malam sebelum Hari Raya Nyepi dengan diiringi gamelan.

Bupati Seluma tak lupa mengucapkan selamat perayaan Hari Nyepi bagi umat Hindu, dan hari ini kita sama-sama menyaksikan kegiatan Ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2023 besok.

“Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 bagi umat Hindu dan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini, juga kepada pihak Kepolisian yang sudah mengawal kegiatan ini,” ujar Bupati.

Erwin juga menyampaikan “Dengan adanya keberagaman umat beragama dan hidup dengan rukun, maka Desa Talang Benuang ini dinobatkan menjadi Desa Pancasila dan Desa Kerukunan Umat Beragama, dan menjadi contoh untuk daerah yang lain,” terangnya.

Bupati juga menyampaikan untuk umat Islam, “Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, maka marilah kita sama-sama membersihkan hati dan pasangkan niat agar puasa kita dapat dilaksanakan dengan maksimal dan mendapat pahala dari Allah SWT”.

Kepala Desa Talang Benuang, Sarwan Efendi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati serta Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Seluma, yang telah hadir dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

“Pak Bupati, di Desa Talang Benuang ini, masyarakatnya memeluk agama yang beragam, mereka (Masyarakat) selalu hidup berdampingan dan selalu rukun dengan menjunjung tinggi toleransi antar sesama umat beragama,” ujar Sarwan Efendi.

Hingga pada malam harinya, Bupati Seluma Erwin Octavian, SE didampingi Asisten II Almidian Saleh, SKM, ME juga menghadiri kegiatan arak-arakan Ogoh-Ogoh yang diadakan di Desa Air Petai Kecamatan Sukaraja.

“Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, tetaplah menjaga kerukunan antar agama”, ujar Bupati. Kemudian Bupati ikut mengangkat dan menggoyang-goyangkan Ogoh-Ogoh berkeliling bersama masyarakat Desa Air Petai. [SA/ADV]