Dehasen Bengkulu Gandeng Dewi Coryati Ciptakan Lulusan Unggul

Caption foto: Sosialisasi kebijakan dan program Direktorat bersama Anggota DPR RI (Foto/dok)
Caption foto: Sosialisasi kebijakan dan program Direktorat bersama Anggota DPR RI (Foto/dok)

Infonegeri, BENGKULU – Direktur Kelembagaan Ditjendikti, Kemendikbud Ristek, Lukman hadiri sosialisasi kebijakan program Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikteristek, mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) ciptakan lulusan unggul dan berkualitas.

“Karena setiap tahun ada 2 juta mahasiswa lulus dari perguruan tinggi mencari pekerjaan, dan kita sangat berharap mahasiswa dari PTS Bengkulu bisa di terima di dunia kerja,” sampai Lukman, Senin (9/10/2023) di Aula Universitas Dehasen Bengkulu.

Kemudian ia menyampaikan, PTS di Provinsi Bengkulu bisa mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas yang dibanggakan, bisa berkompetensi ditengah persaingan antar 9,5 juta lulusan mahasiswa setiap perguruan tinggi di Indonesia.

“Lulusan universitas swasta juga perlu berkembang dan bersaing di dunia kerja. Kampus harus berpikir lebih progresif dan move on terhadap hal-hal di masa lampau sehingga perlu meningkatkan kemampuan untuk bersaing dimasa mendatang,” ujar Dr. Lukman.

Sementara itu anggota Komisi X DPR RI drh. Hj. Dewi Coriyati, M.Si., menyatakan kemitraan yang terjalin antara Komisi X DPR RI dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi khususnya Ditjen Dikti Ristek mendukung penuh program yang dipaparkan karena berdampak positif pada perkembangan kemampuan mahasiswa dan lebih berpotensi terserap di dunia kerja.

“Kami sepenuhnya mendukung aksesibilitas yang dilakukan oleh Ditjen Dikti Ristek pada kampus swasta sehingga terjadi pemerataan pendidikan tinggi. “Tolak ukur keberhasilan penyelenggara institusi pendidikan itu bisa meningkatkan kualitas lulusannya,” katanya.

Ketua Yayasan Dehasen, Bando Amin mengatakan, program kampus merdeka ini sangat memiliki kesinambungan. “Program Universitas Dehasen ada namanya VALUPI (Vanila, Alpukat, Umbi, Pinang), jadi kalau mau kaya dan masuk surga berjamaah ikut program VALUPI. Program bukan hanya untuk mahasiswa tapi masyarakat juga,” singkatnya.

Pewarta | Soprian Ardianto