DJPb Bengkulu: Penyaluran Dana Desa Capai Rp1,025 Triliun

Caption foto: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Bengkulu Bayu Andy Prasetya (Foto/dok)
Caption foto: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Bengkulu Bayu Andy Prasetya (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Bayu Andy Prasetya, mengatakan bahwa penyaluran Dana Desa di Provinsi Bengkulu telah mencapai pencapaian luar biasa sebesar Rp1,025 triliun hingga 30 November 2023, dari pagu anggaran sebesar Rp1,080 triliun.

Saat ini, seluruh desa yang tersebar di sembilan wilayah di Provinsi Bengkulu telah berhasil menyalurkan pencairan dana desa pada tahap pertama, kedua, ketiga, bahkan keempat. Realisasi Dana Desa pada tahap ini mencapai 95,01 persen, sementara tambahan Dana Desa juga sudah disalurkan sebanyak 89,94 persen. Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa juga mencapai 93,04 persen.

Bayu mengatakan, “Pemanfaatan dana desa ini oleh pemerintah memiliki harapan besar untuk membangun desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat di setiap desa. Melalui penyaluran BLT Dana Desa, diharapkan dapat signifikan mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem, menanggulangi stunting, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.” katanya, Sabtu (30/12/2023),

Dengan pencapaian ini, pemerintah Provinsi Bengkulu menunjukkan keseriusannya dalam mendukung pembangunan di tingkat desa, memberikan peluang bagi masyarakat desa untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Pemanfaatan dana desa menjadi kunci utama dalam mendukung pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah setempat terus berkomitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa, memberikan dampak positif bagi masyarakat di seluruh wilayah Bengkulu. Dengan harapan bahwa setiap desa dapat merasakan manfaat nyata dari alokasi dana tersebut, diharapkan pula bahwa angka kemiskinan dapat ditekan, stunting dapat diatasi, dan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat.

Editor | Bima Setia Budi