Dua Tahun Gerakan Akar Rumput Dempo Xler Menuju Pencalonan Gubernur Bengkulu

Caption foto: Dempo Xler Bakal Calon Gubernur Bengkulu periode 2024-2029 (Foto/dok: Dempo Xler/fb)
Caption foto: Dempo Xler Bakal Calon Gubernur Bengkulu periode 2024-2029 (Foto/dok: Dempo Xler/fb)

Infonegeri, BENGKULU – Dempo Xler mencatatkan sejarah baru di Provinsi Bengkulu dengan mencalonkan sebagai calon Gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) melalui jalur independen atau perorangan yang tidak melibatkan partai politik (parpol).

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dempo Xler sebagai calon Gubernur Bengkulu periode 2024-2029 ‘berkoalisi bersama rakyat’. Jika terpilih ia akan menjadi pelayan publik dengan memancarkan cahaya keadilan dan integritas yang tak terpadamkan.

Dalam pencalonannya, Dempo Xler pinang Ahmad Kanedi sebagai Wakil Gubernur Bengkulu. Bang Ken sapaan akrabnya dinilai sangat mampu untuk mendampinginya karena ia merupakan politisi ulung, dan ia pernah menjabat sebagai Walikota Bengkulu.

Dempo Xler dalam mematangkan niatnya untuk mencalonkan sebagai Gubernur Bengkulu telah dipersiapkan dua tahun yang lalu, dimana sebelum dibukanya pendaftaran calon perseorangan ia telah membuat gerakan akar rumput (persiapan tim tingkat desa).

Dalam keterangan Dempo Xler beberapa bulan yang lalu, menjelaskan dirinya yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, ketika ditanya soal pencalonannya di pemilihan legislatif (Pileg) menegaskan bahwa ia fokus pada Pilgub.

“Pencalonan ini sudah saya siapkan 2 tahun yang lalu, soal pencalonan di Pileg 2024 ini merupakan pengabdian sebagai anggota Partai, dan terbukti Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Bengkulu mendapatkan 2 kursi,” kata Dempo.

Profil Dempo Xler

Pemuda kelahiran Desa Gajah Mati Kabupaten Bengkulu Tengah, 1 April 1986 itu sudah malang melintang dalam dunia politik. Perjalanan politiknya penuh prestasi, tidak lepas dari latar belakangnya sebagai seorang aktivis mahasiswa selama menempuh pendidikan.

Mengawali karir kepemimpinanya, Dempo Xler telah membuktikan bakat kepemimpinannya menjadi Presiden Mahasiswa (Presma) di Universita Bengkulu (UNIB) tahun 2007, dan ia juga aktif dalam kepengurusan HMI Cabang Bengkulu tahun 2008 silam.

Disitulah jiwa kepemimpinannya berorganisasi terus terjaga hingga Dempo menyelesaikan kuliahnya. Perjalanan karirnya pun semakin menanjak ketika pada tahun 2013, Dempo Xler dipercaya sebagai Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bengkulu.

Kemudian, momentum keberhasilannya terus berlanjut dengan terpilihnya Dempo sebagai Ketua Barisan Muda (BM) PAN Provinsi Bengkulu pada tahun 2016 lalu. Pada tahun yang sama dia juga menjadi pendiri Yayasan Wahana Muda Indonesia (WMI) di Jakarta.

Semangat aktivisnya ia terpilih di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 sebagai Anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Selama menjadi wakil rakyat Dempo Xler terus mendedikasikan dirinya untuk masyarakat. Jiwa kritis aktivisnya, terus ditanamkannya.

Kepiawaiannya memperjuangkan aspirasi masyarakat, Dempo Xler dipercayai memegang komando sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu pada tahun 2021 membidangi dunia kesehatan, pendidikan, sosial, ketenagakerjaan dan ia pun berhasil.

Salah satu capaian gemilangnya dalam bidangnya di Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler berhasil memperjuangkan program BPJS gratis melalui anggaran pajak rokok saat menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Tidak hanya itu, Dempo juga berhasil memperjuangkan Balai Pelatihan Kerja (BLK) menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) berskala nasional. Dinilai berhasil memegang Ketua Komisi IV, Dempo Xler kembali dipercaya sebagai Ketua Komisi I awal tahun 2022.

Di Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu yang fokus pada urusan hukum, birokrasi, pemerintahan desa, kesejahteraan, Dempo Xler juga aktif berkeliling di 600 lebih desa dan kelurahan di Provinsi Bengkulu untuk menyelesaikan persoalan masyarakat.

Tidak hanya itu, dari 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu saat ini, Dempo Xler merupakan wakil rakyat satu-satunya yang sering diundang ke Universitas-universitas di Provinsi Bengkulu untuk mengisi dialog dari berbagai isu lokal, daerah maupun nasional.

Tidak hanya itu, Pemuda berdarah Serawai ini, telah didaulat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengajian Ilmu Tasawuf Thoriqoh Naqsyabandiyah Indonesia (PPITTNI), dalam sidang Muktamar ke II di Jakabaring Palembang.

Kedekatannya dengan semua kalangan, Dempo juga diamanahkan sebagai Ketua Jaringan Santri Indonesia (JSI) Provinsi Bengkulu, sejak tahun 2023 hingga saat ini. Sekarang, Dempo Xler telah meluruskan niat maju dalam Pilkada Gubernur Bengkulu 2024.

Pewarta | Soprian Ardianto
Editor | Bima Setia Budi