Gempur Rokok HD Ilegal, Ini Kata Bea Cukai Batam

Infonegeri, BATAM – Meningkatnya peredaran rokok ilegal tentunya sudah menjadi hal yang familier dan berbagai modus peredaran dilakukan untuk mencari keuntungan guna memanfaatkan situasi.

Segala bentuk upaya sosialisasi preventif telah dilakukan Bea Cukai Batam kepada masyarakat guna mencegah peredaran rokok ilegal. tujuan dari upaya pencegahan tersebut yang menjadi sasaran khususnya kepada organisasi perangkat daerah (OPD).

Tekanan tersebut wujudnya dalam berbagai jenis diantaranya, rokok tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai palsu, dan rokok dengan pita cukai salah peruntukan.

Namun, seperti yang diketahui faktanya tidak sesuai di lapangan. Bahkan program pihak Bea Cukai Batam yang telah pernah dikeluarkan sudah cukup jelas “Gempur Rokok Ilegal”.

“Kami tetap berkomitmen untuk terus menekan peredaran barang ilegal yang tentunya produk hasil tembakau di wilayah Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam,” kata Humas Bea Cukai Batam, Mugiono, melalui via Chat aplikasi WhatsApp, Jumat, (21/6/2024).

Untuk menentukannya asli dengan tidaknya tanda pita cukai tersebut, tentunya pihaknya menegaskan perlu dilakukan pemeriksaan mendalam lagi.

Lebih lanjut seperti diketahui bahwa rokok ilegal tersebut tertulis jelas diproduksi oleh PT ADHI MUKTI PERSADA Batam, Indonesia, miliki bos besar dari produksi rokok tersebut Ahong yang juga berasal dari Kepulauan Riau (Kepri).

“Sekali lagi kami tegaskan Bea Cukai Batam tidak pernah memberi izin peredaran rokok ilegal,” ujar Mugiono memberikan keterangannya lebih rinci.

Namun tukasnya dengan segala keterbatasan kami butuh dukungan seluruh masyarakat, khususnya rekan media. sehingga masyarakat tidak membeli rokok ilegal.

Pewarta | Wawan Septian