Gubernur Bengkulu Evaluasi Capaian OPD

Caption foto: Sekda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri (Foto/dok)
Caption foto: Sekda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini tengah melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selama Tahun Anggaran (TA) 2023, Minggu (17/12/2023).

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Isnan Fajri mengatakan, evaluasi dilakukan tim yang telah ditunjuk, terdiri dari beberapa gabungan OPD seperti Bappeda, Biro Bangda, Biro Ortala, Inspektorat dan lainnya.

Dimana evaluasi terhadap capaian kinerja masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Bengkulu tersebut, kata Sekda merupakan dan termasuk langkah strategis dalam memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program dan kebijakan daerah.

“Evaluasi ini dilakukan terhadap masing-masing OPD, hasil evaluasi baru bisa kita ketahui setelah triwulan keempat tahun ini atau awal tahun depan (tahun 2024). Yang jelas kita habiskan terlebih dahulu triwulan keempat tahun ini (tahun 2023),” katanya.

Capaian kinerja masing-masing OPD tersebut dievaluasi lanjut Sekda. “Yang jelas hasil evaluasi tersebut menjadi dasar untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. OPD yang berhasil mencapai target kinerja akan mendapatkan apresiasi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bagi OPD yang belum mencapai target, diserahkan kepada Gubernur untuk pengambilan keputusan lebih lanjut. Dan kemudian akan diambil langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kinerja pada OPD.

“Evaluasi terhadap capaian kinerja ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Bengkulu untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan program dan kebijakan, guna mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” tutupnya.

Editor | Bima Setia Budi