Hari Lahir Pancasila, Cagub Dempo Xler Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

Infonegeri, BENGKULU – Bakal Calon Gubernur Bengkulu, Dempo Xler mengajak masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Menurutnya, Pancasila adalah hal yang sangat penting, dan pedoman untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Pancasila sebagai Landasan Idiil, sebagai falsafah hidup bangsa dan ideologi nasional. Ini dibentuk oleh founding father kita agar bangsa ini menjadi lebih kuat. Tanpa Pancasila, kehidupan bernegara itu akan berlangsung tanpa arah,” kata Dempo, Sabtu (01/06/2024).

Dempo mengatakan, nilai-nilai Pancasila itu harus segera ditanamkan dan diamalkan oleh semua generasi. Pancasila dapat menjadi norma yang mengatur setiap lini kehidupan sehingga koneksi antar generasi atau lapisan masyarakat dapat terjalin dengan teratur.

“Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak kita, tapi bukan cuma mereka, orang dewasa juga harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupannya,” ucap Dempo.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini diwarnai dengan semangat optimisme dan harapan untuk masa depan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera. Dengan mengamalkan Pancasila, bangsa Indonesia diharapkan dapat terus bersatu dan berkembang dalam menghadapi segala tantangan zaman.

“Seluruh rakyat Indonesia hari ini memperingati Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Peringatan ini menjadi momentum penting untuk merenungkan kembali nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Pancasila, yang terdiri dari lima sila, dirumuskan oleh para pendiri bangsa pada tahun 1945 sebagai dasar negara Indonesia. Tanggal 1 Juni dipilih untuk memperingati momen bersejarah ketika Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menyampaikan pidato yang mengusulkan konsep Pancasila di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam upacara yang diadakan di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya Pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi tantangan global dan menjaga persatuan bangsa. “Pancasila bukan sekadar simbol, tetapi merupakan dasar yang mengikat kita sebagai bangsa yang majemuk,” ujar Presiden dalam pidatonya.

Selain upacara resmi, berbagai kegiatan juga diadakan di seluruh pelosok negeri untuk memperingati hari bersejarah ini. Sekolah-sekolah, instansi pemerintah, dan masyarakat umum turut ambil bagian dalam beragam kegiatan seperti lomba-lomba, seminar, dan diskusi kebangsaan.

Editor | Bima Setia Budi