Inspektorat Seluma: Lapor Jika Ada Penyalahgunaan Jabatan dan Dana Desa

Caption foto: Inspektur Inspektorat Seluma, Marahalim, (Foto/Dok)
Caption foto: Inspektur Inspektorat Seluma, Marahalim, (Foto/Dok)

Infonegeri, SELUMA – Inspektorat menghimbau kepada masyarakat jangan takut untuk melaporkan jika ada penyalahgunaan wewenang atau penyelewengan dana desa (DD). Karena Inspektorat bertanggung jawab dalam pemeriksaan, pengawasan, dan evaluasi.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Seluma Marahalim menjelaskan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya akan selalu menanggapi seluruh laporan warga terkait penyelewengan DD ataupun penyalahgunaan wewenang Kepala Desa (Kades).

“Kami pada prinsipnya akan selalu menanggapi seluruh laporan masyarakat berdasarkan tanggung jawab kami, jangan takut melaporkan jika ada Kepala Desa menyalagunakan kekuasaan dan menyelewengkan dana desa,” katanya, Jumat (15/12/2023).

Lebih lanjut ia tak lupa juga menyampaikan jika ada indikasi-indikasi silahkan melapr dengan syarakat terdokumentasikan dalam bentuk laporan dan berserta bukti-bukti, maka kami bakal diproses untuk ditindaklanjuti serta audit secara langsung ke lapangan.

“Setelah ada laporan dari masyarakat maka laporan tersebut akan kami pelajari terlebidahulu. Kemudian barulah bisa dilakukan audit ke lapangan, apakah bisa diselesaikan dengan mediasi atau dilanjutkan proses hukum,” terang Marahalim.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, walaupun tidak ada laporan dari masyarakat, pihak akan selalu melakukan monitor setiap desa di Kabupaten Seluma, “Jika mendapati terindikasi diselewengkan, lebih baik dilaporkan secara tertulis,” tegasnya.

Editor | Bima Setia Budi