Jelang Pencoblosan, Bawaslu Kaur Tertibkan Puluhan APK

Caption foto: Bawaslu Kabupaten Kaur, tertibkan APK jelang Pencoblosan 14 Februari 2024 (Foto/dok: Soprian)
Caption foto: Bawaslu Kabupaten Kaur, tertibkan APK jelang Pencoblosan 14 Februari 2024 (Foto/dok: Soprian)

Infonegeri, BENGKULU – Memasuki masa kampanye Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kaur mengamankan alat peraga kampanye (APK). Terlihat puluhan bahkan ratusan APK berupa spanduk, Baliho dan bendera partai diamankan Bawaslu Kaur, Minggu (11/02/2024).

Bawaslu Kaur bersama tim baik aparat kemanan maupun beberapa instansi pemerintah terkait ikut bersama melakukan penertiban APK yang terpasang di jalan lintas Barat dan di semua titik lokasi yang ada di Kabupaten Kaur.

Hendra Gunawan selaku Komisioner Bawaslu Kaur Devisi Penindakan dan Penegakan Hukum menjelaskan, pada masa tenang ini tidak diperbolehkan lagi APK-APK ini terpasang di semua titik yang ada di Kabupaten Kaur karena masa kampanye pemilu sudah berakhir.

Terkait penertiban menurut Hendra, pihak Bawaslu Kaur berpedoman pada PKPU no 15 tahun 2023 bahwa dimana dimasa tenang mulai 11 sampai 13 Februari 2024 semua alat peraga kampanye (apk) tidak ada lagi yang terpasang

“Kita dari Bawaslu tanggal 7 Februari 2024 sudah melayangkan surat himbauan kepada seluruh partai di Kabupaten Kaur untuk meminta seluruh partai politik agar menertibkan alat peraga kampanye (apk) secara mandiri,” kata Hendra Gunawan.

Selanjutnya disampaikan Hendra, masa kampanye sampai tgl 10 Februari pukul 23.59 WIB. dan pada hari ini (11/02/2024) dilapangan masih banyak sekali APK-APK ini terpasang. Untuk itu Bawaslu langsung menertibkan bersama Stakeholder Pemkab Kaur tergabung juga TNI /Polri, Kesbangpol, KPU dan Satpol-PP.

Dikatakan Hendra, dari hasil penertiban ini semua APK akan diamankan untuk selanjutnya akan dimusnahkan. “APK yang paling banyak kami tertibkan ini dari Caleg DPR RI dan DPD RI,” tutup Hendra.

Editor | Bima Setia Budi