Kanwil Kemenkumham Bengkulu Gelar Lomba Kadarkum Di Lapas

Infonegeri, Bengkulu – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57, Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengadakan lomba KADARKUM (Keluarga Sadar Hukum). Perlombaan ini berlangsung di LPP Kelas IIA dan IIB.

Lomba berlangsung di lapas IIB dan hari Kedua diadakan di Lapas Kelas IIA, pada Selasa (20/4/2021). Lomba ini diikuti Warga Binaan Pemasyarakatan dan Anak Didik Pemasyarakatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Se-Kota Bengkulu.

Dalam Kegiatan KADARKUM ini, Tim dewan juri dan pemateri soal terdiri dari tim penyuluh hukum Madya Kanwil Kemenkumham Bengkulu (Edi Maison, Edi Octaviar, Fajri Alamsah, Zabidin, beserta tim penyuluh hukum).

Materi dan soal lomba terdiri dari materi hukum dan Undang-undang, beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang berguna untuk pembinaan kesadaran hukum.

Acara dibuka oleh Kepala Lapas Kelas IIA Bengkulu (Ade Kusmanto), dalam sambutannya Kalapas menyampaikan kegiatan Lomba KADARKUM ini diharapkan mampu meningkatkan tingkat sadar hukum dan membina silaturahmi diantara para pegawai.

“Harapannya setelah diadakan lomba KADARKUM ini mampu menambah pengetahuan diantara warga Binaan Pemasyarakatan sekaligus menambah pemahaman terhadap Norma Hukum dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku”. Ujar Kalapas.

Selain itu Kalapas juga menyampaikan, kegiatan KADARKUM ini kembali diadakan di Lapas Kelas IIA tahun 2021 ini, setelah di tahun sebelumnya kegiatan ini vakum dan terakhir diadakan pada tahun 2018.

Lomba KADARKUM di Lapas Kelas IIA Bengkulu, dengan diikuti sebanyak 5 tim, dan tim yang menjadi juara adalah kelompok B dengan skor akhir 710 yang akan bertanding di babak final pada tanggal 26 April 2021,

Peserta seluruh dalam perlombaan ini Warga Binaan Pemasyarakatan dan Anak Didik Pemasyarakatan di UPT se Kota Bengkulu dimulai tanggal 19-22 April 2021 dan menggunakan prokes yang ketat. (Soprian)