‘Korupsi’ Sekda Mukomuko Akan Diperiksa

Caption foto: Kajari Mukomuko, Rudi Iskandar, SH., MH (Foto/dok)
Caption foto: Kajari Mukomuko, Rudi Iskandar, SH., MH (Foto/dok)

Infonegeri, MUKOMUKO – Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) mengusut dugaan korupsi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Brangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya, yang melibatkan Sekda Kabupaten Mukomuko.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kejari Mukomuko Rudi Iskandar, SH., MH melalui Kepala Seksi Intelijen, Radiman, SH. Dia menyatakan bahwa, pihaknya telah melakukan memanggil mulai dari Pemerintah Desa (Pemdes) dan pengurus BUMDes.

“Iya, sedang mengusut, Pihak yang sudah diklarifikasi 5 orang, dari Pemdes, BUMDes. Sekda akan kita ambil keterangan pada saat tahap penyelidikan indikasi perbuatan melawan hukum pada pengelolaan keuangan BUMDes,” ungkap Radiman, Kemarin.

BACA JUGA: Benarkah Korupsi BUMDes Libatkan Sekda Mukomuko?

Dilansir sebelumnya Kejari Kabupaten Mukomuko telah melakukan Pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dugaan korupsi BUMDes Brangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, pada Senin (18/12/2023) beberapa waktu lalu.

Kajari Mukomuko, Rudi Iskandar, melalui Kepala Seksi Intelejen, Radiman, mengatakan sudah lakukan pemanggilan. “Untuk pulbaketnya sudah kita proses dan sudah kami lakukan pemanggilan terhadap sejumlah pengurus BUMDes dan Pj Kades,” ujarnya.

Dijelaskan Radiman menjelaskan bahwa berkas Pulbaket dugaan tindak pidana korupsi transparansi pengelolaan managemen keuangan BUMDes Brangan Mulya, sudah dipersiapkan dan akan ditingkatkan ke tahap penyelidikan untuk dilakukan pendalaman.

“Jadi, untuk saat ini kita pulbaket selesai. Selanjutnya kami akan tingkatkan ke tahap penyelidikan untuk didalami lebih lanjut. Tentunya nanti akan kita panggil orang-orang yang bersangkutan untuk kita lakukan pemeriksaan, termasuk Sekda Mukomuko yang saat itu menjabat selaku Direktur BUMDes Brangan Mulya,” lanjutnya.

Radiman juga membeberkan, pihaknya sejauh ini sudah melakukan pemanggilan terhadap 5 orang pengurus BUMDes dan Pihak Pemdes. Adapun yang dipanggil, yakni Pj Kades, Kepala pasar, Pengelola keuangan pasar, sekretaris BUMDes dan Bendahara.

“Sudah 5 orang kita panggil untuk dimintai keterangan. Di tahap penyelidikan nanti, kita akan panggil Sekda Mukomuko selaku Direktur BUMDes Brangan Mulya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait transparansi keuangan BUMDes,” beber Radiman.

Diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu terkuak bahwa Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko juga menjabat sebagai Direktur BUMDes Brangan Mulya, telah viral, kemudian ia menyatakan surat pengunduran diri yang ditandatangani tanpa materai.

Saat ini, kewenangan BUMDes di serahkan sementara kepada Pj Kades Brangan Mulya, hingga terpilihnya Direktur baru. Tuntutan yang dilayangkan masyarakat terkait transparansi BUMDes dugaan penyimpangan pada pengelolaan keuangan.

Pewarta | Soprian Ardianto
Editor | Bima Setia Budi