Kosabangsa: Teknologi Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Caption foto: Perwakilan Unived dan Pemkab Seluma berkolaborasi di Program Kosabangsa (Foto/dok)
Caption foto: Perwakilan Unived dan Pemkab Seluma berkolaborasi di Program Kosabangsa (Foto/dok)

Infonegeri, SELUMA – Wujudkan visi-misi menjadikan Kabupaten Seluma sejahtera Pemerintah melakukan Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) bersama Universitas Bengkulu (UNIB) dan Universitas Dehasen (UNIVED).

Kosabangsa Tahun 2023 tentang Teknologi Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit untuk Produksi Cabai Hibrida UNIB, Produksi Konsentrat Curmiyeast untuk Pakan Sapi dan Produksi Manggot Black Soldiar Fly sebagai Pakan Ikan, di Desa Lawang Agung.

Dikatakan Bupati Seluma, Erwin Octavian melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Hendarsyah, progam ini merupakan hasil kolaborasi dalam pelaksanaan tri dharma antara insan akademik dari perguruan tinggi pelaksana dan perguruan tinggi pendamping.

“Progam Kosabangsa ini yang melibat perguruan tinggi tentunya sejalan dengan Visi Misi Bupati Seluma dan Wakilnya dalam mewujudkan visi-misi Seluma ALAP, terutama untuk mewujudkan Seluma Desa Berkemajuan,” kata Hendarsyah, Sabtu (16/12/2023).

Hendarsyah tak lupa atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kolaborasi Kosabangsa dilaksanakan di Kabupaten Seluma, yang memanfaatkan limbah sawit yang selama ini menjadis sampah.

“Dengan bimbingan dan binaan dari Akademisi UNIB dan UNIVED, serta kolaborasi bersama PT. Agri Andalas, limbah dari pohon sawit yang selama ini menjadi sampah, dapat dimanfaat sebagai pupuk dan pakan ternak dan ikan lele,” ucap Hendarsyah.

Lebih lanjut Hendarsyah juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut dan dilaksanakan di desa-desa lain di Kabupaten Seluma dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan stunting.

Diketahui kegiatan ini dihadiri Gubernur diwakili Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi, Rektor UNIVED: Ketua LPPM, Dekan, Pembantu Dekan, Rektor UNIB diwakili Ketua LPPM, Sekretaris LPPM, Dekan Fakultas Pertanian, Pembantu Dekan serta Mahasiswa.

Hadir juga Camat Air Periukan, Danramil, Kapolsek Sukaraja, Dinas PMD, Ketahanan Pangan, Perikanan, Pertanian. Dan Kades Lawang Agung, Ketua BPD, Gapoktan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta HRD PT. Agri Andalas.

Editor | Bima Setia Budi