KPU Provinsi Bengkulu Pastikan Salurkan Logistik ke Pulau Enggano

Caption foto: Kantor KPU Provinsi Bengkulu (Foto/dok: Net)
Caption foto: Kantor KPU Provinsi Bengkulu (Foto/dok: Net)

Infonegeri, BENGKULU – Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni mengatakan pihaknya akan mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke Pulau Enggano, Bengkulu Utara akhir Januari 2024. Menurutnya, langkah ini diambil sebagai upaya untuk memastikan kesiapan dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara di Pulau Enggano.

Pengiriman logistik Pemilu ke Pulau Enggano melibatkan KPU Kabupaten Bengkulu Utara, yang telah mendapatkan petunjuk untuk memastikan proses distribusi berjalan lancar. Tim KPU Bengkulu Utara sebelumnya melakukan peninjauan lokasi di Kantor Camat Enggano, yang dipilih sebagai tempat penyimpanan logistik Pemilu.

Emex menjelaskan bahwa tempat penyimpanan di Kantor Camat Enggano dipilih dengan pertimbangan keamanan dan aksesibilitas. Logistik Pemilu tersebut, termasuk surat suara, formulir C1 plano, dan formulir berita acara, dijamin akan diterima oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara paling lambat pada H-1 sebelum pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

Proses distribusi logistik Pemilu ke Pulau Enggano akan melibatkan KMP Pulo Tello yang akan diawasi ketat oleh pihak Aparat Penegak Hukum. Hal ini diimplementasikan sebagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan integritas logistik Pemilu selama perjalanan ke Pulau Enggano.

Logistik Pemilu yang didistribusikan terbagi menjadi dua kategori, yaitu logistik di dalam kotak suara (surat suara, formulir C1 plano, dan formulir berita acara) serta logistik di luar kotak suara, mencakup bantalan, alat coblos, dan tinta. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan semua persiapan terkait logistik Pemilu berjalan sesuai rencana dan memberikan jaminan keamanan selama proses pemungutan suara di Pulau Enggano.

Editor | Bima Setia Budi