Longsor di Lebong Tutupi Akses Jalan Dua Desa

Caption foto: Personel Polsek Rimbo Pengadang, saat gotong-rong membersihkan material tanah longsing di jalan (Foto/dok)
Caption foto: Personel Polsek Rimbo Pengadang, Senin (01/01/2024) saat gotong-rong membersihkan material tanah longsing di jalan (Foto/dok)

Infonegeri, LEBONG – Polres Lebong Polda Bengkulu melalui Polsek Rimbo Pengadang, melakukan gerak cepat dengan meninjau langsung atas laporan warga atas terjadinya bencana alam berupa tanah longsor, Senin (01/01/2024) sore.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Rimbo Pengadang, Iptu Amir Lukman Hakim mengatakan, setelah mendapat informasi, langsung meninjau di dua titik lokasi yang mengalami tanah longsor, yaitu di Kelurahan Rimbo Pangadang dan Desa Tik Kuto.

“Atas bencana alam berupa tanah longsor tersebut membuat bagian jalan tertutupi, dan setiba di lokasi kami bersama personel TNI dan warga setempat langsung membersihkan material tanah longsor, agar jalan dapat segera dilalui pengendara,” kata Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, tanah longsor di Kelurahan Rimbo Pengadang, yang menutupi seluruh bagian badan jalan berupa tanah kuning dengan ketinggian mencapai 70 cm. Namun berkat sinergi material longsor berhasil dibersihkan sehingga dapat dilalui.

“Tanah longsor di Kelurahan Rimbo Pengadang yang menutupi jalan setelah dilakukan sinergi bersama TNI dan warga sekitar akses jalan sudah dapat dilewati oleh pengendara. Saat longsng ketinggian tanah mencapai 70 cm,” terang Kapolsek.

Begitupun longsor di Desa Tik Kuto, material longsor menutup hampir seluruh bagian jalan dengan ketinggian antara 2-4 meter. “Material longsor di Desa Tik Kuto juga sudah kita bersihkan dan saat ini akses jalan sudah bisa dilalui pengendara,” tambah Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek juga mengatakan akibat tanah longsong tersebut, menyebabkan air PAM terputus dan tiang kabel Indosat juga roboh. “Hingga Senin malam, personel dan warga masih standby disekitar lokasi untuk mengantisipasi longsor susulan,” ucapnya.

Editor | Bima Setia Budi