Masyarakat Bengkulu Tengah Berikan Harapan kepada Dempo Xler

Caption foto: Dempo Xler Calon Gubernur Bengkulu saat menerima aspirasi masyarakat Bengkulu Tengah (Foto/dok: Soprian Ardianto)
Caption foto: Dempo Xler Calon Gubernur Bengkulu saat menerima aspirasi masyarakat Bengkulu Tengah (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU TENGAH – Masyarakat Bengkulu Tengah menyuarakan harapan besar mereka kepada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Dempo Xler dan Ahmad Kanedi, yang sering disapa Bang Ken serap aspirasi masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya Desa Pasar Pedati, Jumat (14/06/2024).

Aspirasi tersebut terutama datang dari kalangan petani, nelayan, peternak, dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mereka menginginkan adanya perhatian khusus dan solusi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sektor pertanian menjadi perhatian utama bagi masyarakat Bengkulu Tengah. Para petani mengharapkan pasangan independen ini mampu menjaga kestabilan harga hasil pertanian dan memastikan ketersediaan bahan pokok seperti pupuk, pestisida, dan alat mesin pertanian (alsintan) dengan harga yang terjangkau. Para petani menyampaikan bahwa fluktuasi harga hasil pertanian yang sering terjadi membuat mereka kesulitan dalam merencanakan dan mengelola usaha tani mereka.

“Saat ini harga hasil pertanian sering tidak stabil, kadang tinggi kadang rendah, kami berharap Bang Dempo dan Bang Ken bisa memperjuangkan agar harga-harga ini stabil sehingga kami bisa mendapatkan penghasilan yang layak dan produktivitas pertanian kami meningkat,” ujar Sayrif.

Selain itu, para nelayan juga menyampaikan keluhan mereka terkait kurangnya bantuan dan perhatian dari pemerintah. Mereka merasa belum banyak mendapat dukungan dalam hal peralatan tangkap maupun pelatihan. Salah satu masalah utama yang dihadapi nelayan adalah fluktuasi harga hasil tangkapan yang tidak menentu. Ketika hasil tangkapan melimpah, harga ikan turun drastis, sementara saat hasil tangkapan sedikit, harga justru naik. Kondisi ini membuat pendapatan mereka tidak stabil dan seringkali tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap Bang Dempo dan Bang Ken bisa mencari solusi agar harga ikan tetap stabil. Saat hasil tangkapan melimpah, harga tidak turun drastis, dan saat tangkapan sedikit, harga tidak terlalu tinggi. Kami butuh pendapatan yang stabil agar bisa menafkahi keluarga dengan layak,” kata Zulkarnain seorang nelayan yang berharap perubahan nyata dari pasangan calon ini.

Keluhan serupa juga datang dari kalangan peternak. Mereka menghadapi masalah dalam memperoleh pakan ternak yang berkualitas dengan harga terjangkau. Banyak peternak yang harus membuat pakan ternak sendiri, yang memerlukan biaya lebih besar, sementara harga jual ternak relatif rendah. Kondisi ini menyebabkan banyak peternak kesulitan untuk bertahan dan mengembangkan usaha mereka.

“Saat ini kami harus membuat pakan ternak sendiri karena harga pakan sangat mahal. Hal ini tentu memakan biaya lebih banyak, sementara harga jual ternak tidak sebanding. Kami berharap ada perhatian lebih dari Bang Dempo dan Bang Ken untuk membantu kami mengatasi masalah ini,” ujar Saima perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bengkulu Tengah.

Di sisi lain, para pelaku UMKM juga berharap adanya perhatian dalam hal pemasaran dan permodalan. Mereka menginginkan adanya program-program yang dapat membantu mereka dalam memasarkan produk secara lebih luas serta akses yang lebih mudah terhadap modal usaha. Banyak pelaku UMKM yang merasa kesulitan dalam mengembangkan usaha mereka karena terbatasnya akses pasar dan modal.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi masyarakat. Kami berharap Bang Dempo dan Bang Ken bisa memberikan solusi untuk memperluas pasar kami dan mempermudah akses modal. Dengan begitu, usaha kami bisa berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah,” ungkap Saima.

Menanggapi aspirasi masyarakat Bengkulu Tengah, Dempo Xler menyatakan bahwa mereka akan berkomitmen untuk memberikan perhatian penuh terhadap sektor-sektor tersebut. Ia menyampaikan bahwa program-program konkret telah disiapkan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para petani, nelayan, peternak, dan pelaku UMKM.

“Dalam visi dan misi kami, kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama. Kami akan memastikan harga hasil pertanian dan perikanan tetap stabil, memberikan bantuan peralatan dan pelatihan kepada nelayan, serta memastikan ketersediaan pakan ternak dengan harga terjangkau. Untuk UMKM, kami akan mengembangkan program-program pemasaran dan permodalan yang lebih mudah diakses,” kata Dempo Xler.

Dempo juga menambahkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait dan memanfaatkan potensi lokal untuk mewujudkan program-program tersebut. “Kami akan bersinergi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun komunitas, untuk memastikan setiap program berjalan efektif dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tutupnya.

Harapan masyarakat Bengkulu Tengah kini berada di pundak Dempo Xler dan Ahmad Kanedi. Dengan dukungan dan komitmen yang kuat, pasangan calon ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bengkulu.

Editor | Bima Setia Budi