Melalui Baznas, Pemkot Bengkulu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Caption foto: Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Alkaf (Foto/dok: Soprian Ardianto)
Caption foto: Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Alkaf (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU – Pemerintah Kota (Pempok) Bengkulu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), pemberdayaan tidak hanya sekadar pemberian modal, namun juga melibatkan pelatihan dan pendampingan usaha tingkatkan pendapatan masyarakat.

Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Alkaf, menyampaikan harapannya bahwa bantuan ini akan mendorong semangat berusaha para pelaku usaha, serta memberikan kontribusi nyata dalam upaya pengentasan kemiskinan di wilayah tersebut.

“Mudah-mudahan, bantuan ini bisa mendorong pelaku usaha berniaga, serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat dari Baznas Kota Bengkuluy,” ujar Ketua Baznas Kota Bengkulu, Jumat (02/02/2024).

Pada tahun 2023, sebanyak 163 pelaku usaha di Kota Bengkulu menerima bantuan modal usaha dari Baznas. Bantuan ini diberikan dengan syarat yang telah ditetapkan, termasuk SKTM dari kelurahan, minimal usaha telah berjalan selama 1 tahun, serta surat rekomendasi dari kecamatan.

Bantuan modal usaha tidak hanya berupa uang, tetapi juga mencakup peralatan modal usaha seperti gerobak, payung, hingga etalase. Program ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pelaku usaha untuk semakin aktif dalam berdagang atau berjualan, sehingga dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.

Sebelumnya, pelaku usaha dapat mengajukan bantuan modal usaha kepada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bengkulu. Bantuan diberikan kepada mereka yang mengalami kesulitan, seperti kekurangan modal dalam menjalankan usaha. Dana zakat, infaq, dan sedekah dari masyarakat Kota Bengkulu menjadi sumber bantuan.

Program pemberdayaan masyarakat melalui pemberian modal usaha ini menjadi langkah konkrit dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem. Dengan adanya syarat-syarat yang telah ditetapkan, diharapkan bantuan ini tepat sasaran dan memberikan manfaat maksimal bagi pelaku usaha di Kota Bengkulu.

Editor | Bima Setia Budi