Mengintip Serunya Program Seluma “Alap”

H. Husni
H. Husni

Infonegeri, SELUMA – Dukungan untuk Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan Seluma  Alap berdatangan dari berbagai pihak terutama dimulai dari Birokrasi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Seluma, seperti Kamis (18/03/2021) Plt Sekwan H. Husni, SE mengkomandoi dalam kebersihan dilingkungan ASN dan jajarannya.

Dikatakan Plt Sekwan H. Husni hari ini dalam wujudkan mendukung Program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma dalam mewujudkan Seluma “Alap” melangsungkan kebersihan serta kedisiplinan lingkungan terkhususnya Lingkungan Kantor bersama ASN beserta jajarannya.

“Kegiatan hari ini mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Seluma, Erwin Octavian dan Gustianto dalam mewujudkan Seluma Alap,” ungkap Plt Sekwan H. Husni, SE saat melangsung aksi bersih bersama ASN dan jajarannya.

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan aksi atau sikap yang dilakukan di Lingkungan ASN beserta jajarannya dilakukan disetiap paginya mulai dari kebersihan halaman kantor hingga diruangan masing-masing, bahkan aksi ini juga diikuti Plt Sekwan H. Husni.

“Aksi disini dilakukan setiap paginya sebelum aktivitas kantor lainnya dimulai, aksi dimulai dari halam kantor hingga ke ruangan masing-masing dan bahkan akan dilaukan disetiap paginya,” jelasnya.

Sebelumnya disampaikan Bupati Seluma, Erwin Octavian saat menghadiri gotong royong bersama masyarakat dalam mewujudkan Seluma “Alap”, dirinya menjelas gotong royong merupakan budaya ciri bangsa Indonesia begitupun di Kabupaten Seluma, dan ini tentu salah satu program prioritas dalam membangun seluma “Alap”.

“Satu dari lima prioritas program dalam mewujudkan Seluma “Alap” yakni “Seluma Desa Maju atau Seluma membangun”, seperti saat ini saya (Erwin) bersama masyarakat melakukan goto-royong memberishkan drainase, memasang gorong-gorong dan mengecor jalan yang berlubang,” ungkap Erwin saat begitu akrab bersama warga.

Lebih lanjut, Erwin menyampaikan kegiatan bersama dengan warga ini dirinya sangat mengapresi, ditambah lagi gotong-royong ini juga diikuti Perangkat kelurahan mulai dari RT, RW dan Masyarakat.

”Saya (Erwin) sangat mengapresi kegiatan dalam menghadirkan Seluma “Alap” Seluma Maju atau Seluma Membangun. Dengan gotong-royong InsyaAllah program-program yang telah diperioritaskan segera terealisasi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Nurul Ikhsan Camat Seluma menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mendukung visi-misi dan Program kerja Bupati dan Wakil Bupati Seluma Erwin-Gustianto, yaitu Mila bersamo untuk Seluma Alap dan menindak lanjuti arahan serta himbauan Bupati agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Gotong-royong yang dikerjakan hari ini membersihkan sepanjang jalan Pesirah Z. Abidin yaitu jalan menuju rumah Dinas Pemda Seluma, kebersihan drainase, memasang gorong-gorong dan mengecor/menambal jalan yang berlubang”, ujar Nurul Iksan.

Begitupun antusias Warga Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma dalam melakukan gotong-royong pembersihan jalan lima Desa Penghubung, gotong-royong tersebut sesuai arahan Bupati Seluma Erwin Octavia, SE dalam mewujudkan Seluma Alap.

Masyarakat lima desa di kecamatan semidang alas tersebut diantaranya, Desa Rantau Panjang, Desa Talang Durian, Desa Rena Gajah Mati Dua, Desa Muara Dua, Desa Napalan dan Desa Kembang Manis. Dalam acara tersebut juga hadir Camat Semidang Alas, Perwakilan TNI dan POLRI,

Saat gotong-royong dalam mewujudkan Kabupaten Seluma Alap, Kades Muara Dua, Lisun mengatakan gotong-royong dimulai pada pukul 8.00 WIB dari simpang Desa Talang Durian sampai ke Desa Renah Gajah Mati Dua.

“Gotong-royong yang dilakukan masyarakat hari ini dikarenakan jalan mulai menyempit, jalan tersebut kurang lebih hampir 20 kilomer dan di hadiri lebih kurang 100 warga dari Lima Desa tersebut,” ungkap Lisun, saat melangsungkan gotong-royong bersama ratusan warga, Selasa (10/03/2021).

Lanjut Lisun, gotong-royong dalam membersihkan jalan ini karena diameter jalan sudah menyempit. Dengan demikian penyempitan jalan membuat pengguna jalan terganggu.

“Penyempitan diameter jalan dikarena rumput sudah banyak yang menutup bagian jalan, gotong-royong ini akan terus dilakukan supaya masyarakat (pengguna) jalan tidak terganggu,” tutupnya.

Dilansir sebelumnya, lima pembangunan prioritas daerah dalam mewujudkan Seluma “Alap” sesui visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024.

“Seluma seribu jalan mulus, Seluma Desa Maju, Seluma Mudah berinvestasi, Seluma melayani dan Seluma beragama dan berbudaya,” ucap Bupati Seluma dengan dialeg Seluma. (SA/ADV)

Seluma Alap