Nuzuludin Dorong Pariwisata Tumpuan Pergerakan Ekonomi

Caption foto: Wisata
Caption foto: Wisata "Tapan Busik Cugung Abas" di Danau Dendam Tak Sudah (Foto/dok)

Infonegeri, BENGKULU – Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin akan terus mengawal potensi wisata di Kota Bengkulu, seperti yang saat ini telah diresmikann wisata jejak sejarah danau dendam tak sudah “Tapan Busik Cugung Abas”.

Dikatakan Nuzuludin, Komisi II DPRD Kota Bengkulu sebagai mitra dari Dinas Pariwisata akan terus melakukan pengawalan, mengawasi tempat perkembangan destinasi wisata di Kota Bengku dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kita sebagai mitra dari Dinas Pariwisata akan mengawal dan mengawasi Sektor pariwisata yang memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber pendapatan, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonom Kota Bengkulu,” kata Nuzul, Selasa (19/12/2023).

Dengan demikian, kata Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, adanya bermunculan tempat-tempat wisata baru di Kota Bengkulu akan berdampak baik untuk pertumbuhan ekonomi pembangunan masyarakat Kota Bengkulu.

Caption foto: Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin, Senin (18/12/2023) saat mendampingi Pemerintah Kota dalam sosialisasi jejak sejarah Danau Dendam Tak Sudah (Foto/dok)
Caption foto: Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin, Senin (18/12/2023) saat mendampingi Pemerintah Kota dalam sosialisasi jejak sejarah Danau Dendam Tak Sudah (Foto/dok)DPRD 

“Pariwisata juga dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat Kota Bengkulu. Masuknya wisatawan menciptakan lapangan kerja di industri perhotelan dan jasa sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.” jelasnya.

Dilansir sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali memperkenalkan jejak sejarah danau dendam tak sudah sebagai potensi destinasi wisata daerah. Destinasi wisata jejak sejarah ini diberinama “Tapan Busik Cugung Abas”, Senin (18/12/2023).

Dikatakan Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi, dengan telah dibukanya wisata baru ini “Tapan Busik Cugung Abas” terletak di Kelurahan Dusun Besar dapat menarik wisatawan dari daerah, luar daerah, atau wisatawan luar negeri.

“Destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya, sehingga menarik wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangan alam yang masih asri.” kata Arif Gunadi saat sekaligus membuka Sosialiasi Jejak Sejarah Dendam dendam.

Arif menyampaikan bahwa cerita sejarah asal usul Danau Dendam Tak Sudah ini berbeda-beda yang berkembang di masyarakat, melalui kegiatan inilah diharapkandapat menemukan literatur asal usulnya sehingga bisa disampaikan kepada para wisatawan.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bengkulu Amrullah mengatakan wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan disediakan lokasi foto yang estetik serta para pengunjung dapat berkemah di lokasi dengan menikmati panorama alam di sekitar..

“Pemerintah akan mendukung kawasan wisata ini (wisata jejak sejarah ini diberinama “Tapan Busik Cugung Abas”) dapat lebih berkembang ke depannya dan menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di Kota Bengkulu,” kata Amrullah.

Amrullah berharap, pengelolaan wisata tersebut dilakukan oleh masyarakat setempat dengan payung hukum koperasi. Dan kedepannya akan bekerjasama dengan Pemerintah agar kedepannya dapat menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Editor | Bima Setia Budi