Pecinta Alam Tolak Tambang

Elemen Pecinta Alam Jember yang tergabung diforum Selapanan Konservasi gelar aksi damai tolak tambang, Senin (30/08/2021).

Infonegeri, JEMBER – Pecinta alam yang tergabung dalam forum “Selapanan Konservasi” Jember melakukan aksi damai menolak tambang, aksi digelar di Bunderan DPRD Jember, Senin (30/08/2021).

Disampaikan salah satu perwakilan aksi, Hamdi, penolakan tersebut sebagai respon atas menggeliatnya kembali upaya kegiatan tambang di Kabupaten Jember yang sempat terhenti karena banyaknya tuntutan.

Diduga menggeliatnya upaya-upaya tersebut terlihat dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jember yang demikian eksplisit menunjukkan keberpihakan pada aktivitas penambangan.

“Aksi ini untuk menyadarkan masyarakat bahwasanya dengan terpilihnya bupati baru maka kita harus terus merapatkan barisan tentang penolakan tambang” ungkap Hamdi selaku koordinator aksi.

Atas nama kepatuhan pada protokol kesehatan di masa pandemi, aksi yang hanya melibatkan 13 orang ini sengaja dilakukan bertepatan dengan agenda Bupati dengan DPRD Jember.

“Aksi ini dilakukan karena Jember tak butuh tambang untuk hidup yang mengancam sumber air tanah, Air untuk kehidupan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia dari pada tambang,” tegas Hamdi. [SA]