Pemdes Penyangkak Launching Titik Nol Pembangunan dan Pendistribusian BLT-DD dan APD

Infonegeri, BENGKULU UTARA – Bentuk Nayata Pemerintah Desa Penyangkak Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (16/4/2021) telah melaunching titik nol pembangunaan, dengan telah dilanching bearti pembangunan akan dimulai.

Dikatakan Kepala Desa (Kades) Yahadi, dengan telah dilaunching titik nol pembangunan segera dimulai, dan anggaran dalam pembangunan ini menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2021.

“Alhamdulillah hari ini telah dilanching titik nol pembangunan Desa Penyangkak dengan menggunakan Dana Desa tahun anggara 2021, semoga pembangunan ini berjalan sesuai dengan harapan kita dan Masyarakat dalam membangun Desa,” Ungkap Kades saat melaunching titik nol pembangunan Desa yang didamping kadun 1, 2 dan 3.

Dalam pembangungan yang menggunakan anggaran desa tahun anggran 2021 ini akan membangun jalan sepanjang lebih kurang 1.500 meter.

”Pembangunan pembukaan badan jalan dan pengkoralan jalan akan dibangun sepanjang 1.500 meter,” jelasnya.

Tidak hanya launching titik nol pembangunan saja sambung Yahadi, kegiatan hari ini juga penyerahan pembagian secara simbolis bagi masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

“Pembagian tahap pertama ini penerima BLT DD ssebesar Rp300 ribu per Kepala Keluarga (KK) dari 12 bulan di tahun 2021,” ungkapnya.

Selain launching titik nol pembangunan bantuan BLT DD,  Pemerintah Desa juga mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dalam memutuskan mata rantai penularan covid-19 ditengah-tengah masyarakat.

“Pendisitribusian APD ini terdiri dari masker, sanitaizer, dan sabun cuci tangan. Kemudian bantuan tersebut nantinya akan disebar dibeberapa titik pasilitas umum, lalu kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan tim pokja Covid-19,” katanya.

Ditempat yang sama, Camat Kerkap, Novi Indra, dalam sambutannya, mengatakan pihak dalam pembangunan Desa pihanya juga ikut melakukan pengawasan dan mengevaluasi laporan pertanggungjawaban pekerjaan, baik fisik maupun non fisik, sesuai dengan Permendagri No 73 tahun 2020.

“Dengan ini kami berharap agar pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada,” ujar Camat.

Diketahui kegiatan ini juga di hadiri  Camat Kerkap, Kepala Desa Penyangkak, Kapolsek, Suprapto, SH MH selaku Kasi PMD, BPD, Perangkat Desa, tokoh masyarakat, Kadun, Babinsa, Bhabinkamtibmas, TA, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, serta masyarakat lainya. (Rosi/SA)