Pemerintah Diminta Serius Tangani Banjir

Dewan Minta DLH Serius Tangani Banjir dan Sampah
Dewan Minta DLH Serius Tangani Banjir dan Sampah

Infonegeri, KOTA BENGKULU – Komisi II DPRD Kota Bengkulu meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu serius dalam menangani persoalan banjir yang diakibatkann tersumbatnya drainase karena tumpukan sampah, banjir disinyalir akibat tumpukan sampah sehingga drainase menjadi tersumbat dan air pun meluap.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Ketua Komisi II Indra Sukma mengatakan banjir masih menjadi momok yang menakutkan di Kota Bengkulu. Selama musim hujan, banjir telah menggenangi beberapa wilayah yang memang kerap menjadi daerah langganan rawan banjir, penyebab karena drainase tersumbat sampah.

“Kami berharap agar pemerintah khususnya OPD teknis dapat lebih kreatif lagi. Karena sejauh ini banjir masih terus terjadi. Ini sebagian besar diakibatkan karena sampah,” terang Indra Sukma.

Sementara itu terkait dengan persoalan sampah, Anggota Komisi II Solihin Adnan menyarankan agar DLH membuat road map penanganan sampah secara komprehensif. Dirinya menilai selama ini DLH belum bekerja maksimal dalam menangani sampah dan DLH pun dinilai bekerja tidak menggunakan data.

“DLH kumpulkan data dan bekerja by data. Buat road map penanganan sampah secara profesional sehingga jelas alur kerja menuntaskan persoalan sampah ini dimulai dari mana,” kata Solihin.

Ditambahkan Bambang Hermanto dirinya juga menyoroti kuantitas tenaga kebersihan yang masih minim sehingga menyebabkan penanganan sampah di jalan-jalan protokol masih belum maksimal. Ia menyarankan DLH mengusulkan penambahan tenaga penyapu jalan.

“DLH sebaiknya menambah tenaga penyapu jalan. Saya perhatikan mulai simpang empat betungan sampai bandara serta di simpang kandis kampung melayu belum ada penyapu jalan padahal di sana jalan protokol,” harap Bambang. [Soprian]