Pemilu 2024: Menkes Sebut Angka Kematian KPPS Menurun

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin
Caption foto: Menkes RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan Pemilu 2024 angkat kematian KPPS menurun (Foto/dok: Antaranews)

Infonegeri, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa angka kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pemilu tahun ini menurun dibanding pemilu sebelumnya.

“Dibandingkan pemilu sebelumnya yang angka kematiannya di atas 100 orang, tahun ini menurun jauh,” ujar Menkes dikutip dari Antara, Jumat (16/02/2024).

Menkes menjelaskan, turunnya angka kematian petugas itu salah satunya karena kesadaran kesehatan yang meningkat dari anggota KPPS. Kesadaran bahwa pekerjaan tidak bisa dipaksakan telah dimiliki petugas KPPS di Pemilu 2024.

Ke depannya, ujar Menkes, ditargetkan tidak ada lagi kasus kematian bagi petugas KPPS pada saat bertugas. Salah satu caranya dengan meneruskan kegiatan skrining kesehatan bagi para calon anggota KPPS sebelum ditetapkan, sebagaimana yang dilakukan pada pemilu kali ini.

“Rata-rata mereka punya komorbid, jadi ada darah tinggi, ada diabetes. Mungkin yang ingin kita lakukan sebelum jadi anggota KPPS, kita skrining dulu untuk memeriksa tekanan darah tinggi dan tes gula. Penyebabnya yang sering dua penyakit itu,” jelas Menkes.

Editor | Bima Setia Budi