Pemkab Bengkulu Utara Memusnahkan Arsip

Caption foto: Proses Pemusnahan Arsip Inaktif Retensi 10 Tahun di Kabupaten Bengkulu Utara (Foto/dok)
Caption foto: Proses Pemusnahan Arsip Inaktif Retensi 10 Tahun di Kabupaten Bengkulu Utara (Foto/dok)

Infonegeri, BENGKULU UTARA – Bupati Bengkulu Utara, Mian melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) melaksanakan pemusnahan arsip dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, Rabu (13/12/2023).

Asisten III Pemkab Bengkulu Utara Agus Haryanto mengatakan bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan diperlukan tata kelola arsip, dengan demikian jika tidak dikelola dengan baik maka setiap dinas instansi akan menghasilkan banyak arsip.

“Sebelum dilakukan pemusnahan sudah melewati kordinasi dan pelaksanaan prosedur. Pemusnahan bukan dilakukan untuk menghilangkan sesuatu yang penting, sehingga dipastikan terlebih dahulu, bahwa arsip ini sudah tidak digunakan.” kata Agus.

Dengan telah dimusnakannya beberapa arsip di 3 dinas, pemerintah berharap dapat dilakukan pengarsipan terhadap dokumen-dokumen penting, selain itu. Penataan arsip harus terus diperbaiki agar lebih baik lagi dan lebih tertata sesuai prosedur.

“Pemusnahan dilakukan menggunakan air, karena ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan karena ada resiko yang berkaitan dengan lingkungan. Kita juga belum ada alat penghancur arsip, sehingga hal ini dirasa paling baik untuk dilakukan,” terang Agus.

Editor | Bima Setia Budi