Pemkab Mukomuko: Hindari Pinjaman Koperasi dan Rentenir

Plt Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana SE, MAP
Caption foto: Plt Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana SE, MAP (Foto/dok)

Infonegeri, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko terus memberikan peringatan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tidak meminjam uang ke koperasi atau rentenir.

Dikatakan Plt Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana SE, MAP bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha bisa mengajukan pinjaman ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

“Untuk mengembangkan usaha silahkan manfaatkan program KUR dan UMi, jangan lagi minjam ke koperasi atau rentenir, UMKM kita ini jumlahnya banyak, namun masih banyak yang belum maju karena minjam ke koperasi/rentenir,” katanya, Kamis (14/12/2023).

Dijelaskannya, program KUR dan UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial, untuk menjadikan kemandirian usaha yang menyasar UMKM di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan maka dengan melalui tersebut.

“Saya yakin kalau seluruh pelaku UMKM memanfaatkan pinjaman modal usaha dari lembaga yang resmi, maka usaha meraka akan cepat maju, sekali lagi saya tekankan hindari meminjam modal usaha di koperasi maupun rentenir,” tegasnya.

Editor | Bima Setia Budi