PWI Bengkulu Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Caption foto: PWI gandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT ASDP gelar UKW (Foto/dok)
Caption foto: PWI gandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT ASDP gelar UKW (Foto/dok)

Infonegeri, BENGKULU – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT ASDP (Persero) dukung penuh program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersama Kementerian BUMN yang saat ini diselenggarakan di PWI Bengkulu.

Dukungan kegiatan UKW tersebut, atas kerja sama Kementerian BUMN, Forum Humas BUMN dan PWI Pusat dalam hal ini lembaga uji UKW melalui ujian sertifikasi wartawan anggota PWI. Kegiatan UKW di PWI Provinsi Bengkulu, berlangsung Hotel Mercure Bengkulu, selama dua hari, 25 – 26 Januari 2024.

Sebanyak 33 peserta, yang terdiri dari 23 orang kelas muda, lima orang mengikuti kelas utama dan satu kelas madya diikuti lima peserta. Mereka diuji oleh asesor yang telah lulus asesment oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan PWI atas persetujuan oleh Dewan Pers.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Murlin Hanizar saat membuka acara UKW mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk membangun wartawan tersertifikasi dan profesional.

“Kami  mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Bengkulu. Semoga ke depan UKW ini dapat terus dilakukan oleh PWI Provinsi Bengkulu, demi terciptanya wartawan yang profesional di provinsi Bengkulu,” ujarnya, Kamis (25/01/2024).

UKW ujarnya merupakan cara membangun sikap profesional dan andal bagi para para insan pers. Kedepan PWI Provinsi Bengkulu tetap diharapkan menjadi mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan, khususnya bagi wartawan sehingga wartawan menyajikan berita yang akurat, berimbang dan membangun, serta berita yang bermanfaat untuk daerah danmasyarakat Bengkulu.

Sementara itu perwakilan BNI yang diwakili Branch Bisnis Manager BNI Bengkulu, Mulyadi Majid  mengungkapkan, kegiatan UKW ini sangat bagus, sehingga wartawan semakin profesional dan peningkatan akhlak sesuai dengan tema dari UKW ini.

“Sebab BUMN sekarang ini budaya kerjanya budaya akhlak, diharapkan nilai budaya itu di implementasikan kepada temen-temen wartawan lain. Sehingga wartawan bisa menghasilkan berita yang berimbang,” ujarnya.

Mulyadi Majid juga menyebutkan, di zaman era digital ini, keterbukaan informasi serta kompetensi wartawan dapat menghasilkan hal-hal yang positif. “Kami dalam hal ini BNI mendukung kegiatan UKW Kementerian BUMN,” Katanya.

Sementara itu dari PT ASDP diwakilkan Muhammad Riadh Kepala Staf Operasional Pelayaran mengapresiasi Pelaksanaan UKW yang diselenggarakan PWI di Bengkulu ini.

“Dengan UKW maka akan di dapat wartawan yang kompeten dibidangnya, sehingga selalu menyajikan berita yang berimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Marsal Abadi, mengungkapkan bagi para peserta wartawan Bengkulu dapat mengikuti UKW ini dengan baik, sehingga pelaksanaan UKW ini berjalan dengan baik dan seluruh peserta bisa dinyatakan kompeten.

Marsal juga menyebutkan wartawan harus kompeten dalam menjalankan kegiatan jurnalistik yang sesuai dengan rambu-rambu yang ada atau kode etik jurnalistik.

“Kami berharap, para peserta yang melaksanakan UKW ini, bisa kompeten, sehingga sesuai dengan tema pelaksanaan UKW ini, menciptakan Wartawan profesional dan berakhlak. Kegiatan dan support yang diberikan oleh BUMN untuk pelaksanaan UKW ini sangat bermanfaat,” papar Marsal.

Ketua PWI Pusat yang di wakili Direktur UKW Firdaus Komar, menyampaikan, terima kasih kepada pihak Kementerian BUMN. Bahwa  UKW bersama BUMN di PWI Bengkulu adalah bantuan dari PT BNI (Persero) Tbk dan PT ASDP (Persero).

Direktur UKW PWI Pusat Dr Firdaus Komar MSi menjelaskan, dalam rangkaian UKW juga digelar kompetisi jurnalistik. Firdaus,bjuga menjelaskan jika peserta UKW PWI dengan Kementerian BUMN kali juga berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta.

Kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN yang kick-off-nya, pada Kamis-Jumat (28-29/12), serentak di tiga daerah sekaligus, yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini, ujar Firdaus, wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, tema tulisan lomba ‘peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW’. Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter.

Selanjutnya karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah. Mengenai tema yang ditentukan, variabel  pertama terkait peran BUMN saat ini.

Sementara pengumuman pemenang yang terdiri dari 10 orang pemenang dan 15 orang juara harapan, diperkirakan pada Juli 2024. “Mudah-mudahan berdasarkan estimasi waktu yang akan tersedia terkait dengan program UKW-BUMN ini, sekitar Juli 2024 akan rampung,” jelasnya.

Editor | Bima Setia Budi