Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Bengkulu Terima Anggaran 80 Miliar

Caption foto: Pertanian Padi di Kota Bengkulu (Foto/dok: Soprian Ardianto)
Caption foto: Pertanian Padi di Kota Bengkulu (Foto/dok: Soprian Ardianto)

Infonegeri, BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu memperoleh suntikan dana signifikan sebesar Rp80 miliar untuk pembangunan 60 titik jaringan irigasi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, Helmi Yuliandri, kucuran alokasi dana yang diperoleh Pemprov Bengkulu akan digunakan untuk proyek swakelola dan swadaya masyarakat, dengan besaran per kegiatan mencapai Rp75 juta.

“Alokasi dana ini mencakup pembangunan perpipaan sebanyak 5 unit, embung sebanyak 10 titik, dan perpompaan sebanyak 10 unit, yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang diusulkan oleh masing-masing daerah,” kata Helmi, Sabtu (16/12/2023).

Dijelaskan Helmi usulan dari Pemerintah Provinsi ini, berkas proyek sedang dalam proses kajian oleh kementerian terkait, dan diprediksi akan dimulai pada bulan Februari 2024. Dan semoga dengan bantuan ini hasil pertanian di Provinsi Bengkulu lebih meningkat.

“Program pembangunan ini sedang tahap proses kajian dari Kementerian terkait, dan langkah ini Pemprintah Provinsi berharap dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air dan mendukung sektor pertanian di Provinsi Bengkulu lebih baik lagi.” harapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan “Alokasi dana ini menandakan komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian agar lebih meningkat, serta kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut dengan pengembangan ini dapat lebih baik.” demikian kata Helmi.

Editor | Bima Setia Budi