Waka III DPD: Pemda Harus Ngotot Keberlanjutan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu

Caption foto: Wakil Ketua III DPD RI, H. Sultan Bachtiar Najamudin (Foto/dok)
Caption foto: Wakil Ketua III DPD RI, H. Sultan Bachtiar Najamudin (Foto/dok)

Infonegeri, BENGKULU – Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Bengkulu dinilai harus ngotot melakukan lobi kepada pemerintah pusat, terkait kelanjutan pembangunan ruas jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Jumat, (3/11/2023).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), H. Sultan Bachtiar Najamudin, berkaitan dengan kelanjutan pembangunan ruas jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau itu, pihaknya hanya bisa sebatas menyuarakan saja.

“Yang paling berkepentingan harusnya proakif. Dimana yang berkepentingan ini, selain seluruh elemen masyarakat Bengkulu, juga yang memiliki legal standing. Dalam hal ini pemda, baik tingkat provinsi atuapun kabupaten/kota. Kalau kita menilai, kelanjutan jalan TOL ini salah satu Pekerjaan Rumah (PR) besar pemda,” kata Sultan

Menurutnya, pemda harus membuat usaha sepeti dengan cara melobi kepada pemerintah pusat dan kementerian teknis. Walaupun ruas jalan TOL Bengkulu-Lubuk Linggau itu standarnya berbeda.

“Upaya lob-lobi ini harus lebih maksimalkan, karena kita melihat sendiri bagaimana usulan daerah-daerah lain, ternyata bisa ditindaklanjuti pemerintah pusat, sehingga tidak ada salahnya pemda ketika melakukan lobi-lobi terkait kelanjutan pembangunan jalan Tol, sedikit ngotot,” tegas Sultan.

Lebih jauh ditambahkan, dengan begitu nantinya tidak ada alasan bagi pemerintah pusat untuk menunda pembangunan. Sejauh ini pihaknya terus mengikuti perkembangan jalan TOL Bengkulu-Lubuk Linggau, dan diketahui pada tahun depan pembangunan lanjutan yang dimaksud belum masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PNS).

“Makanya kitapun menyarankan agar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Bengkulu dapat mengedor-ngedor ke pusat. Yakinkan istana, yakinkan juga kementerian terkait sehingga pembangunan jalan TOL bisa segera dilanjutkan. Karena dengan keberadaan jalan TOL itu, akses ekonomi di Bengkulu bisa kian produktif,” pungkas Sultan.

Pewarta | Soprian Ardianto
Editor | Bima Setia Budi