Ombudsman Menyambangi Dukcapil Seluma

Infonegeri, SELUMA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Seluma mendapat kunjungan Tim Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu. Dalam rangka Penilaian Kepatuhan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik di Pemerintahan Kabupaten Seluma, Selasa (22/06/2021).

Tim Ombudsman menyapaikan kriteria yang akan dinilai dalam pelayanan yaitu SOP, Web, pengaduan pelayanan, visi dan misi, alur pelayanan, ruang menyusui, tempat bermain anak serta kebersihan kantor dari WC hingga tiap ruangan.

Kepala Dukcapil Seluma Irzani, S.I.P., M.Si. diwakili Kabid Inovasi Safri, S.E. menyampaikan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk tahun 2020 dan 2021 telah berubah dari tatap muka ke pelayanan online via WA, FB, dan email. Hal ini juga dikarenakan adanya pandemi COVID-19.

Masyarakat saat ini sudah bisa melakukan kepengurusan administrasi kependudukan melalui desa, nantinya desa akan mengirimkan berkas melalui WA/email kepetugas pelayanan online Dinas Dukcapil Seluma.

“Berkas persyaratan yang masuk diverifikasi dan dinyatakan lengkap, maka petugas kami akan mengirimkan kembali berkas usulan tersebut kedesa melalui emai desa, sehingga desa bisa langsung mencetak dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian atau SKPWNI tanpa harus ke Dinas Dukcapil”, ujarnya.

Dinas Dukcapil juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melaksanakan perekaman dan kepengurusan administrasi kependudukan lainnya di desa-desa melalui inovasi PEKAN SAGU (Pelayanan administrasi kependudukan Sabtu minggu).

Tim Ombudsman yang bertugas terdiri dari 3 orang yaitu Ekawati, Merfisallyna dan Rio Agustian. Mereka melaksanakan penilaian dengan mengajukan beberapa pertanyaan, salah satunya mengenai keberadaan website Dinas Dukcapil.

Safri dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Dinas Dukcapil telah memiliki website yaitu dukcapil.selumakab.go.id. dan masyarakat dapat mendownload formulir, melihat SOP dan kegiatan Dinas Dukcapil Seluma dari website ini. [SA/Rls]