Program ODSK Bawa Samsat Provinsi Bengkulu Raih Kategori Sangat Baik A-Pelayanan Publik 2020 dari Kemen PAN-RB

Infonegeri Bengkulu – Provinsi Bengkulu mandapat penghargaan sangat baik. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), resmi mengumumkan atas hasil penilaian Tahun 2020, Selasa (9/3/2021).

Penilaian tersebut di umumkan melalui zoom meeting. Menurut keterangan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu Noni Yuliesti,  yang di hubungi media ini lewat telpon seluler Rabu, (10/3/2021). “ Benar, kita provinsi Bengkulu telah mendapat penilaian yang cukup membanggakan.

Lanjut Noni Yukiesti, “ Kami baru saja mendapatkan pemberitahuan dari Kemenpan RB, kemaren hari Selasa (9/3). Sampai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dearah Provinsi bengkulu ini.

Terpisah kabar yang membanggakan juga di sampaikan Kepala Uptd Samsat Bpkd Provinsi Bengkulu Eny Maryati, SE.,M.Ak. Dalam pembicaran lewat telpon genggamnya, Eny Maryani membenarkan tentang kabar yang di sampaikan Kepala Badan  Pengelolaan Keuangan Dearah .

Menurut Eny, “ Alhamdulillah kita Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan di banding tahun sebelumnya, yang mana tahun sebelumnya kita mendapatkan penilaian C, yang artinya cukup . Sedangkan di tahun ini kita mendapatkan penilaian A-, artinya sangat baik, “ Unit Pelayanan Publik khususnya Samsat Provinsi Bengkulu mendapat penilaian Sangat baik (A-). Sampai Kepala UPTD Samsat Kota Bengkulu ini.

Masih menurut Eny Maryani, “ Pencapaian ini semua tidak terlepas dari kerjasama dari semua elemen terkait, semoga ini tidak membuat kita terlena, kedepan kita tetap berbenah hingga mendapatkan capaian yang lebih lagi. Lanjut Eny, ini penilaian dari kementerian akan kami jadikan cambuk kedepan lebih maksimal lagi memberikan yang terbaik untuk publik.

Untuk di pahami, tentu ada indikator penilaian apa saja yang mempengharui sehingga dapat di katagorikan pencapaian sangat baik, penilaian ini mengacu kepada apa saja yang telah di lakukan samsat. Setidaknya ada Enam aspek indikator penilaian :

  1. Aspek Kebijakan Pelayanan terpenuhi
  2. Profesionalisme SDM
  3. Sarana dan Prasarana sangat mendukung
  4. Sistem Informasi Pelayanan Publik yang di rasakan publik sangat baik
  5. Sarana Konsultasi dan Pengaduan publik mudah diakses
  6. Inovasi yang diciptakan  (Red/Kh).